Hari Ketiga SMART PESANTREN RAMADHAN SMAMCi Dimeriahkan oleh Lomba Puitisasi Al-Qur'an dan Seni Musik Islami

Kamis, 28 Maret 2024 memasuki hari ketiga kegiatan SMART PESANTREN RAMADHAN yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah Cileungsi. Pada hari ketiga ada tiga perlombaan yang dilaksanakan, yaitu: lomba Seni Musik Islami, lomba Puitisasi Al-Qur'an, dan lomba Kebersihan Kelas.

Lomba Seni Musik Islami dan Puitisasi Al-Qur'an

Kamis, 28 Maret 2024 memasuki hari ketiga kegiatan SMART PESANTREN RAMADHAN yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah Cileungsi. Tujuan diadakannya kegiatan SMART PESANTREN RAMADHAN adalah untuk menjadikan peserta didik lebih memahami agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pada hari ketiga dimulai dengan salat Dhuha berjamaah di masjid lalu dzikir pagi. Kemudian, dilanjutkan dengan materi "Membiasakan dan Meningkatkan Amal Shaleh Melalui Ramadhan" yang disampaikan oleh Ustadz Fakhrurrazi, S.Th.I. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah, dan ampunan dari Allah SWT. Sebagai umat Islam, sebaiknya kita memanfaatkan bulan Ramadhan untuk memperbanyak amalan, seperti salat Tarawih dan tadarus dengan membaca kitab suci Al-Qur'an. Selain itu, kita juga bisa memperbanyak amalan dengan melaksanakan i'tikaf atau berdiam diri di masjid dengan membaca Al-Qur'an dan berzikir. Di Bulan Ramadhan juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yang disebut malam Lailatul Qodar.

Setelah materi selesai, peserta didik SMA Muhammadiyah Cileungsi kembali ke dalam kelas masing-masing untuk melaksanakan tilawah yang didampingi oleh mentor. Surah yang dibacakan pada tilawah adalah Surah Ar-Rahman dan Al-Waqi'ah.

Pada hari ketiga, ada tiga perlombaan yang dilaksanakan, yaitu: lomba Seni Musik Islami, lomba Puitisasi Al-Qur'an, dan lomba Kebersihan Kelas. Peserta yang mengikuti lomba seni musik dan puitisasi diarahkan ke ruangan lomba yang telah disediakan, sedangkan peserta pesantren Ramadhan yang tidak mengikuti lomba tetap berada di kelas masing-masing dan membersihkan kelas. Pada lomba puitisasi Al-Qur'an, para peserta sangat menghayati lafal dan intonasi suara pada pengucapan ayat suci Al-Quran beserta artinya yang dituangkan dalam bentuk puisi. Sedangkan pada lomba seni musik islami, para peserta sangat antusias dan ruangannya dipenuhi oleh suara yang merdu dari masing-masing penampilan kelas dan juga dimeriahkan oleh alat musik yang menghasilkan harmonisasi yang padu yang digunakan oleh masing-masing kelompok peserta lomba.

Menjelang Dzuhur, kegiatan dilanjut dengan mengambil air wudhu dan melaksanakan salat Dzuhur. Setelah salat Dzuhur selesai, peserta pesantren Ramadhan kembali ke kelas masing-masing dan kegiatan Pesantren Ramadhan hari ketiga selesai.

Demikian, semoga para peserta pesantren Ramadhan mendapat ilmu yang bermanfaat serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tetap semangat dalam mengikuti kegiatan SMART PESANTREN RAMADHAN sampai hari ke-empat.

Tim PIP (Ranya Regytha P.P. X2)

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT