HARI PERTAMA SMART PESANTREN RAMADHAN DI SMA MUHAMMADIYAH CILEUNGSI

Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1445 H yang penuh berkah, SMA Muhammadiyah Cileungsi menggelar SMART PESANTREN RAMADHAN yang dimulai pada Senin (25/03/2024).

Penyampaian Materi "Birrul Walidain"

Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1445 H yang penuh berkah, SMA Muhammadiyah Cileungsi menggelar SMART PESANTREN RAMADHAN yang dimulai pada Senin (25/03/2024). SMAMCi merangkai pesantren Ramadhan dengan berbagai aktivitas selama 4 (empat) hari, mulai tanggal 25, 27-29 Maret 2024 yang diikuti oleh peserta didik kelas X dan XI. Tujuan kegiatan pesantren Ramadhan ini agar peserta didik memperoleh ilmu agama yang lebih dalam dan memanfaatkan bulan Ramadhan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada-Nya.

Pada hari pertama, pesantren Ramadhan dibuka dengan sholat Dhuha dan dzikir pagi. Kegiatan itu dilanjut dengan materi pertama di SMART PESANTREN RAMADHAN ini, yaitu “Birrul Walidain”. Materi dibawakan oleh Ustadz Arif Fardian Rasyad, S. Th.I. Birrul Walidain dapat diartikan berbuat baik secara Ikhlas kepada orang tua. Pada dasarnya, berbakti kepada orang tua itu wajib, sesuai dengan perintah Allah SWT. Ustadz Arif tak lupa menceritakan kisah menginspirasi tentang berbakti kepada orang tua. Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tema “Birrul Walidain” yakni Al-Isra ayat 23.

Setelah mendengarkan dan mencatat materi dari Ustadz Arif, peserta didik diarahkan menuju ke kelas masing-masing untuk melaksanakan tilawah yang dibimbing oleh mentor. Selanjutnya, peserta didik mengikuti lomba yang diadakan di hari pertama SMART PESANTREN RAMADHAN, yaitu lomba adzan dan lomba MTQ. Peserta lomba memasuki ruangan lomba dan mengikuti arahan lomba. Lomba ini disaksikan oleh guru yang berpartisipasi sebagai juri lomba. Dalam waktu yang bersamaan, dilaksanakan juga lomba kaligrafi untuk seluruh peserta didik kelas X dan XI. Lomba berakhir tepat sebelum Dzuhur.

Menjelang Dzuhur, peserta didik menyelesaikan kegiatan lomba mereka dan bergegas untuk mengambil air wudhu untuk sholat Dzuhur di masjid. Kegiatan pesantren Ramadhan hari pertama ditutup setelah sholat Dzuhur berjamaah.

Dengan demikian, SMA Muhammadiyah Cileungsi berharap agar peserta dapat terus menjaga semangat dan antusiasme dalam mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan. Semoga kegiatan ini menjadi ladang amal yang membawa berkah bagi semua pihak.

Tim PIP (Salsabila Rizqia Z.A. XI D)

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT