Di Hari Bumi, Penuhi Amanah Ilahi dengan Melindungi Kelestarian Air

Hari Bumi 2025 mengajak kita melihat air bukan cuma sebagai sumber daya, tapi sebagai amanah ilahi. Melalui ajaran Islam yang holistikโ€”dari Qurโ€™an, Sunnah, hingga sejarah peradabanโ€”kita diajak menjadi pelindung bumi, bukan perusaknya. Yuk, jadikan momen ini langkah nyata untuk hemat air, lawan pencemaran, dan kuatkan edukasi ekologi! ๐ŸŒ "Bumi bukan warisan nenek moyang, tapi titipan anak cucu."

smamcileungsi.sch.id

Setiap tanggal 22 April, dunia memperingati Hari Bumi sebagai momentum untuk merenungkan tanggung jawab kolektif dalam menjaga kelestarian alam. Di tengah krisis lingkungan yang kian mengkhawatirkan, salah satu isu krusial yang mendesak untuk diperhatikan adalah perlindungan air dari pencemaran.

Al-Qurโ€™an dengan tegas mengajarkan umat untuk tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan air. Dalam Surah Al-Aโ€™raf ayat 31, Allah berfirman:

ูŠูŽุง ุจูŽู†ููŠ ุขุฏูŽู…ูŽ ุฎูุฐููˆุง ุฒููŠู†ูŽุชูŽูƒูู…ู’ ุนูู†ุฏูŽ ูƒูู„ู‘ู ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ูˆูŽูƒูู„ููˆุง ูˆูŽุงุดู’ุฑูŽุจููˆุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุณู’ุฑููููˆุง ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุญูุจู‘ู ุงู„ู’ู…ูุณู’ุฑููููŠู†ูŽ

โ€œHai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.โ€ (QS. Al-Aโ€™raf [7]: 31).

Ayat ini mengingatkan bahwa penggunaan air harus bijak, seimbang, dan tidak melewati batas kebutuhan. Rasulullah SAW memberikan teladan konkret dalam penghematan air. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Anas bin Malik berkata:

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุบู’ุณูู„ู ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ุจูุงู„ุตู‘ูŽุงุนู ุฅูู„ูŽู‰ ุฎูŽู…ู’ุณูŽุฉู ุฃูŽู…ู’ุฏูŽุงุฏู ูˆูŽูŠูŽุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃู ุจูุงู„ู’ู…ูุฏู‘ู

โ€œNabi Saw membasuh, atau mandi dengan satu shaโ€™ hingga lima mud, dan berwudhu dengan satu mud.โ€ (HR. Bukhari).

Dengan ukuran sederhana, satu shaโ€™ (sekitar 2,5-3 liter) untuk mandi dan satu mud (sekitar 0,6-0,7 liter) untuk wudhu, Rasulullah menunjukkan cara menggunakan air secara efisien tanpa mengurangi kesucian ibadah. Teladan ini menjadi pelajaran berharga di tengah krisis air yang melanda banyak wilayah.

Larangan Mencemari Air

Islam dengan tegas melarang segala bentuk pencemaran air, yang dapat merusak ekosistem dan membahayakan kehidupan. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Jabir bin Abdullah berkata:

ุฒูŽุฌูŽุฑูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุจูŽุงู„ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ุฑู‘ูŽุงูƒูุฏู

โ€œRasulullah Saw melarang kencing di air yang menggenang.โ€ (HR. Ahmad).

Larangan ini menegaskan bahwa menjaga kebersihan air adalah bagian dari akhlak mulia seorang Muslim. Air yang tercemar tidak hanya mengganggu kesehatan, tetapi juga merusak fungsi air sebagai sarana ibadah, ekonomi, dan kehidupan sosial.

Dalam konteks modern, pencemaran air akibat limbah industri, domestik, atau pertanian menjadi ancaman serius yang harus dicegah melalui kesadaran kolektif.

Islam telah mengajarkan konsep konservasi lingkungan melalui hima dan hariemHima adalah kawasan yang dilindungi untuk menjaga sumber daya alam, seperti air dan vegetasi, agar tetap lestari. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Ibnu Abbas menyampaikan sabda Rasulullah SAW:

ู„ูŽุง ุญูู…ูŽู‰ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู

โ€œTidak ada hima kecuali kepada Allah dan Rasul-Nya.โ€ (HR. Bukhari).

Hadis ini menjelaskan bahwa Rasulullah menetapkan hima di Naqiโ€™, sementara Khalifah Umar bin Khattab menetapkannya di As-Saraf dan Ar-Rabdzah. Hima mencerminkan upaya sistematis untuk melindungi sumber air dan ekosistem dari eksploitasi berlebihan.

Sementara itu, hariem merujuk pada kawasan laut yang dilindungi untuk menjaga keanekaragaman hayati. Konsep ini relevan dengan upaya modern seperti pembentukan taman laut nasional atau kawasan konservasi perairan.

Edukasi Masyarakat

Untuk mewujudkan perlindungan air, edukasi masyarakat menjadi kunci. Penghijauan, sebagai bagian dari ibadah, dapat mencegah erosi dan menjaga siklus air. Pendidikan lingkungan hidup harus ditingkatkan, baik melalui kurikulum formal maupun nonformal, untuk menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga alam.

Khutbah Jumat dan ceramah keagamaan juga dapat menjadi media efektif untuk menyampaikan konsep hablum minal alam atau hubungan harmonis antara manusia dan alam. Dengan memahami bahwa menjaga lingkungan adalah bagian dari ibadah, umat Islam dapat menjadi pelopor dalam konservasi air.

Hari Bumi 2025 mengingatkan kita bahwa air adalah anugerah Allah yang harus dijaga dengan penuh tanggung jawab. Melalui penghematan air, pencegahan pencemaran, penetapan kawasan perlindungan, dan edukasi masyarakat, kita dapat mewujudkan visi Islam tentang keberlanjutan lingkungan.

Sebagaimana diajarkan oleh Al-Qurโ€™an dan Sunnah, menjaga air adalah wujud ketaatan kepada Allah dan kasih sayang kepada sesama makhluk. Mari jadikan momentum Hari Bumi sebagai titik tolak untuk melindungi air, demi kehidupan yang lebih baik bagi generasi kini dan mendatang. Wallahu aโ€™lam.

Referensi:

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Fikih Air.

Sumber:
 Website muhammadiyah.or.id

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
AGENDA
LINK TERKAIT